Tutorial ETABS Versi 9 Bahasa Indonesia

Etabs sudah menjadi Software yang tidak asing lagi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia teknik sipil khususnya dalam bidang perencanaan struktur. Namun masih banyak juga teman-teman yang baru mengenalnya dan ingin mempelajarinya. Kiranya tutorial ini dapat membantu teman-teman yang ingin belajar dengan software ETABS versi 9 ini.

Pada postingan sebelumnya Tutorial ETABS, sudah dibagikan tutorial etabs versi asli yang menggunakan bahasa inggris. Tentunya bagi yang kurang fasih menggunakan bahasa inggris akan kesulitan dalam menggunakan tutorial tersebut. Pada postingan kali ini saya akan membagikan sedikit tutorial ETABS Versi 9 dalam bahasa Indonesia agar lebih memudahkan dalam mempelajari ETABS Versi 9.

Software ini sangat cocok digunakan dalam melakukan pemodelan struktur, analisis dan desain. ETABS dan SAP 2000 adalah software yang dibuat oleh CSI Berkeley. ETABS menjadi pilihan utama bagi para enginner dalam melakukan analisis dinamik untuk proyek-proyek yang besar. Apabila dilakukan perhitungan secara manual, maka akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena analisis dinamik tidak sama dengan analisis statik yang cukup mengandalkan konsep kesetimbangan gaya.

Silahkan download tutorial ETABS Versi 9 disini dan disini

11 thoughts on “Tutorial ETABS Versi 9 Bahasa Indonesia

  1. Seharusnya tidak eror Laura, coba pakai idm utk mendownload nya. Lagsung bisa kok. Pastikan koneksi internet nya tidak nge-lack dan tidak terputus.

  2. Iya gan, problem eror itu di webnya, nah saya memakai XDM, yg dapat didownload malah url alamat link itu. semestinya pdf tanpa akhiran htm/html.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s