Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum


AHSP_2012

Pedoman ini merupakan pengembangan dari Panduan Analisis Harga Satuan (AHS) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum No.008-1/BM/2010 edisi Desember 2010, Analisa Biaya Konstruksi (ABL) oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) tahun 2008, dan Pedoman Analisa Harga Satuan (PAHS) oleh Puslitbang Sumber Daya Air.

Dalam pedoman ini terdiri atas beberapa pasal, yaitu :
Pasal 1 sampai dengan pasal 5 menguraikan hal-hal yang bersifat umum dan persyaratan untuk proses menganalisis harga satuan. Pasal 6, pasal 7 dan pasal 8, masing-masing menguraikan lingkup pekerjaan dan langkah-langkah proses untuk :
– Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Sumber Daya Air;
– Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bina Marga;
– Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Cipta Karya.

Pedoman analisis harga satuan menjelaskan prinsip-prinsip yang menjadi dasar dalam menganalisis harga satuan dasar upah, alat dan bahan, serta sebagai dasar untuk analisis harga satuan pekerjaan (AHSP). Harga satuan pekerjaan ini digunakan sebagai harga perkiraan sendiri (HPS) atau harga perkiraan perencana (HPP). Dalam pedoman ini diberikan beberapa contoh faktor konversi bahan, berat isi bahan, berat isi campuran, faktor kehilangan bahan, berat jenis bahan , dalam suatu rentang di LAMPIRAN A-umum, serta beberpa contoh analisis harga satuan dalam lampiran lainnya.

Dengan tersedianya pedoman ini, diharapkan dapat diperoleh keseragaman dan persamaan metode dalam proses penyusunan HPS maupun HPP untuk mengevaluasi harga satuan pekerjaan (bila diperlukan) pada saat pengadaan maupun pelaksanaan pekerjaan fisik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s