Panduan Menginstall XP


Panduan ini adalah panduan yang terlambat keluar, karena saya tahu, sudah banyak sekali panduan seperti ini di luar sana. Baik dalam bentuk buku, ebook maupun artikel.

windows xp logowindows xp

Well, ijinkan saya menuliskannya sekali lagi.
Meskipun saat ini penjualan Windows XP telah dibatasi untuk komputer/laptop dengan persyaratan tertentu.

Saya asumsikan, di komputer anda belum terinstall sistem operasi apapun. Atau jika sudah ada, anda ingin menginstal ulang dari awal lagi. Dan tentu saja, anda telah memindahkan data-data penting anda ke tempat lain.

Instalasi Tahap I – Commandline Install

Proses instalasi sendiri tak perlu panjang lebar lagi, kita mulai dengan booting melalui CD/DVD drive. Anda harus merubah pilihan booting komputer/laptop anda melalui bios komputer anda. Atau pada komputer/laptop terbaru, anda bisa melakukan pilihan media booting tanpa masuk ke bios dengan menekan tombol F11 (pada komputer saya!).

Setelah booting, installer windows akan melakukan pendeteksian hardware dan meload driver-driver yang diperlukan sebelum masuk ke mode instalasi.

windows xp installer welcome screen

Pertama kali anda akan ditanya, apakah ingin melakukan instalasi atau melakukan recovery (jika instalasi windows sebelumnya mengalami masalah). Karena bermaksud untuk menginstall, kita menekan tombol enter. Jika akan mencoba recovery, tekan tombol R.

Setelah itu, anda akan diminta untuk menyetujui sebuah aggrement. Jika anda sudah mengerti, lanjutkan dengan menekan tombol F8.

pre partitioning

Pada layar berikutnya, anda akan melihat daftar partisi di hardisk komputer/laptop anda. Jika sebelumnya belum ada sistem operasi apapun terinstall, anda hanya akan melihat unpartitioned space di hardisk yang terdeteksi.

Tekan tombol C untuk membuat partisi baru. Pada layar berikutnya, masukkan besar partisi yang kita inginkan. Sebagai panduan, jika memasukkan angka 1024, anda akan membuat partisi sebesar 1Gb. Jadi, jika ingin membuat 10 Gb, anda harus memasukkan 10 kalinya, yaitu 10240. Tekan tombol enter untuk konfirmasi.

membuat partisi baru

Sisa partisi yang tidak terpakai, bisa anda partisi lagi untuk drive D atau ditinggalkan untuk sistem operasi lainnya.

Selesai mempartisi, sorot kembali partisi teratas dengan label C: (drive C). Tekan tombol enter untuk mulai melakukan pemformatan dan instalasi.

partition summary

Berikutnya, installer akan melakukan penduplikatan file-file yang diperlukan ke drive C. Ini akan memakan waktu beberapa saat. Jika sudah selesai, komputer/laptop anda akan reboot otomatis. Biarkan saja.

windows setup copying files

Instalasi Tahap II –  Konfigurasi Awal

Setelah booting kembali, komputer anda akan masuk ke tahap instalasi mode grafis/gui.

windows gui install welcome

Sambil menunggu, anda bisa menonton dan membaca fitur-fitur sistem operasi windows XP anda.

region and language settings

Pada layar berikutnya setelah melakukan persiapan, installer akan meminta anda menyesuaikan lokasi, region dan format lokal yang akan anda pakai nanti.

customise regional format

Di sini, saya memilih lokasi Indonesia, format lokal Indonesia dan keyboard Indonesia US. Klik Next.

personalise your computer

Selanjutnya anda diminta memasukkan nama lengkap dan organisasi anda. Ini akan tampil sebagai informasi sistem komputer anda. Klik Next.

enter license key

Selanjutnya, anda akan diminta memasukkan kunci registrasi anda. Kunci registrasi ini anda dapatkan sewaktu membeli sistem operasi baru anda. Klik Next.
Jika tidak ada kesalahan, anda bisa melanjutkan instalasi ke tahap berikutnya. Jika terjadi kesalahan atau key anda tidak valid, instalasi akan terhenti sampai di sini.

enter password admin

Selanjutnya, anda akan diminta memasukkan password administrator dan kesempatan merubah nama komputer anda. Klik Next.

date and time details

Lalu anda harus melakukan kustomasi zona waktu dan menyesuaikan jam/tanggal jika tidak sesuai dengan waktu saat anda menginstall. Klik Next.

Jika anda memiliki kartu jaringan dan terdeteksi, anda akan diminta melakukan konfigurasi. Jika tidak mengerti, anda bisa saja melakukan klik next next dan next (menerima nilai default!) sampai selesai, saya pun melakukan hal seperti ini.

networks setting

windows install, setup network

Selanjutnya, installer akan melakukan peng-copy-an tahap kedua. Yang dilanjutkan dengan melakukan konfigurasi, pendeteksian hardware dan sebagainya, sampai akhirnya reboot kembali.

windows setup is copying files

Instalasi Tahap III – Konfigurasi Akhir

Setelah booting kembali, anda akan dibawa ke layar selamat datang. Di saat ini anda akan melakukan beberapa hal. Klik next untuk memulai.

first time booting into windows

welcome to windows

Pertama kali, windows akan mencoba melakukan koneksi ke internet dan melakukan update otomatis. Jika tidak berhasil, anda akan diminta melakukan konfigurasi manual kartu jaringan anda. Atau jika anda tidak memiliki kartu jaringan, anda tidak akan menemui tahap ini.

check internet connection for updates
setup networks card

Selanjutnya, anda akan diminta melakukan registrasi. Jika anda tidak terhubung ke internet, pilih saja “No, at this time”.

register to microsoft

Selanjutnya, anda akan membuat user baru.

create new users

Di sini anda bisa menambahkan user sebanyak yang anda suka. Minimal, anda menambahkan nama anda sendiri sebagai user. Klik Next.

Setelah itu, konfigurasi selesai. Windows akan melanjutkan booting dan membawa anda ke layar login.

windows login screen

Pilih dan klik nama user anda untuk masuk ke desktop baru anda.

applying personal settings

Lihatlah tampilan desktop baru anda yang masih fresh, hot from the CD.

Langkah selanjunya adalah melakukan konfigurasi awal. Disini saya akan mengajak anda membuat password.

windows desktop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s